Beauty 101

  ALL ABOUT SUNBLOCK AND SUNSCREEN

  |  Jumat, 28 Desember 2018 - 14:16:00 WIB | Dibaca: 182 kali 


Sebagian besar dari kita, mungkin sudah menggunakan sunblock atau sunscreen setiap hari. Tapi beberapa orang, terutama masyarakat awam belum mengetahui secara detail apa itu sunblock atau sunscreen, bagaimana cara mengaplikasikannya, sun protection factor (SPF) berapa yang harus dipilih dan banyak lagi. Karena itulah kami perlu mengulas mengenal hal ini secara lengkap.

EFEK BURUK SINAR UV

Tak dapat dipungkiri meski memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, tapi sinar UV bisa menjadi maslaah yang cukup serius bila terlalu lama mengenai kulit kita. Dan ternyata, bukan sinar UV dari matahari saja yang perlu diwaspadai. World Health Organization (WHO) juga telah menetapkan bahwa sinar UV dari sinar tanning (mesin penghitam kulit) dan mampu juga membahayakan karena menjadi sumber karsinogen (sel kanker).

Kulit manusia terdiri dari berbagai makromolekul, diantaranya RNA, DNA, dan berbagai macam protein. Sinar UVA, UVB, sinar tampak dan infra red akan diabsorsi oleh sebagian lapisan kulit atas manusia, dan sisanya diteruskan ke lapisan kulit tengah. Kulit akan memberi respon dengan meningkatkan lapisan kulit mati yang paling atas atau stratum korneum, sehingga kulit terlihat lebih tebal dan kasar. Sinar yang masuk ke kulit lebih dalam lagi akan diabsorsi oleh melanosit (sel penghasil pigmen melanin atau pewarna kulit), sehingga makin banyak melanin yang dihasilkan, kulit akan terlihat lebih gelap. Melanin ini bersifat sebagai pelindung, menghalangi radiasi UV merusak DNA, sehingga berpotensi menginduksi kanker kulit.

SUNBLOCK DAN SUNSCREEN

Salah satu cara untuk melindungi kulit dari berbagai sinar matahari yang membahayakan, yaitu dengan menggunakan sunblock maupun sunsreen, atau istilah awamnya adalah tabir surya.

Sunblock dan sunscreen adalah tabir surya dengan cara kerja yang berbeda, tetapi memiliki tujuan yang sama. Sunblock bekerja dengan cara memantulkan sebagian besar sinar UV sebelum sampai ke permukaan kulit. Sedangkan sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan mengabsorsi sebagian besar sinar UV sebelum sampai ke permukaan kulit dengan membentuk semacam lapisan film di permukaan kulit. Sedangkan sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan mengabsorsi sebagian besar sinar UV sebelum sampai ke permukaan kulit, atau lebih dikenal sebagai chemical sunscreen atau tabir surya kimia.

Sunblock dan sunscreen sama-sama efekif sebagai tabir surya, selama produk tersebut memproteksi terhadap sinar UVA dan UVB atau dikenal juga sebagai "broad-spevtrum" dengan minimal SPF 30 dan digunakan secara benar. Manfaat dari tabir surya adalah sebagai "pelindung kulit". Tabir surya mencegah kulit dari inflamasi hingga sunburn (kulit terbakar), penuaan dini, UV spots, tumor jinak kulit, hingga kanker kulit.

Sunblock kebanyakan mengandung titanium dioxide atau zinc oxide sebagai bahan aktif. Sayangnya memang bahan ini menimbulkan kesan tebal seperti topeng, dan lapisan yang " terlalu putih " sehingga kurang disukai. Sedangkan sunscreen menggunakan bahan aktif oxybenzone dan avobenzone, juga octisalate, octocrylene, homosalate, dan octinoxate. Bahan-bahan ini lebih mudah untuk digunakan dan lebih tidak menimbulkan kesan tebal dan terlalu putih.

 TIPS MENGGUNAKAN TABIR SURYA

Dalam nmemilih produk tabir surya, sangatlah individual dan bervariasi sekali. Karena itu penting untuk memilihnya sesuai kebutuhan, jenis kulit, dan harus digunakan secara terus-menerus. Berikut beberapa tips dalam memilih tabir surya yang dapat disarankan:

1.Gunakan tabir surya broadspectrum untuk UVA dan UVB dengan minimal SPF 30 dan PA++

2.Sebaiknya memilih yang water resistence, apalagi bila akatifitas di air dan berkeringat banyak

3.Untuk kulit sensitive, sebaiknya menggunakan jenis sunblock tanpa pengawet, pewarna dan pewangi

4.Sunblock tidak terlalu cocok untuk kulit yang cenderung berjerawat karena lebih menutupi pori-pori

5.Gunakan sesuai peruntukan usia yang ada di kemasan, terutama untuk anak-anak dan bayi

6.Pilihlah produk yang sesuai, dan sebaiknya dibawah pengawasan dokter spesialis kulit, terutama jika ada riwayat alergi terhadap bahan tertentu

7.Terkadang bahan sunblock dan sunscreen dapat digabungkan dalam satu produk, sehingga memberikan efek perlindungan yang lebih baik.

8.Jenis bahan bervariasi untuk daerah tubuh. Misalnya jenis krim baik untuk kulit kering dan untuk wajah. Jenis gel baik utnuk daerah yang berambut, seperti kepala. Sedangkan tabir surya berbentuk spray jauh lebih mudah untuk diaplikasikan. 






0 comments:





Post Comments :